Perdana, Pemkab Mesuji Launching Kemitraan Budidaya Singkong Melalui Program Cassava Partneeship

Mesuji, Pemerintahan75 Dilihat

Mesuji, Eksprestoday – Pemerintah Kabupaten Mesuji bersama PT Umas Jaya Agrotama me-Launching Cassava Partnership, yakni program kerjasama budidaya singkong dengan masyarakat di desa Bukoposo, Kecamatan Way Serdang, Kamis (08/06/2023).

Dalam sambutanya, Penjabat Bupati Mesuji Drs.Sulpakar, MM yang di wakili Sekdakab Mesuji Syamsudin, S.Sos menyampaikan sekaligus menjelaskan tentang keunggulan Program Kemitraan tersebut.

“Sebelumnya program ini adalah program kemitraan terkait pengembangan pisang cavendish, namun setelah melakukan kajian mendalam tentang kondisi tanah, faktor air dan cuaca, kami akan menggantikan dengan budidaya singkong, ” ungkap Syamsudin.

Menurutnya, hal ini dilakukan kedepan masyarakat dapat mengikuti program kemitraan ini agar kesejahteraan juga dapat dirasakan oleh masyarakat sendiri.

“Program ini kita harapkan dapat membantu dan bermanfaat positif bagi masyarakat, kemudian untuk awal dimulainya program ini akan dilaksanakan tahap pertama sebanyak 4.24 hektar,” jelas Syamsudin.

Kemudian terkait hal itu, dijelaskan Direktur Jenderal Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi kementerian Pedesaan dan Daerah Tertinggal (Kemendes PDT) Ir.Danton Ginting Munthe M.M.

Ia menuturkan, Partnership dan CSV merupakan program kemitraan budidaya singkong yang pertama kalinya di Indonesia, dan ini baru pertama kalinya launching di kabupaten Mesuji.

“Dengan tujuan kemitraan ini hadir sebagai bentuk dukungan pemerintah pusat terhadap masyarakat dalam bentuk investasi di daerah transmigrasi,” ujar Ginting.

Yaitu lanjut Ginting, program ini memberikan kepastian harga kepada petani, petani mitra akan mendapat prioritas, memberikan kepastian pasar, prioritas terhadap kepastian pupuk bagi mitra dan segala sesuatu yang dapat meningkatkan produktivitas petani singkong,” terangnya.

Sementara itu, dikatakan Jaka (37) warga setempat, dirinya sangat apresiasi atas inisiatif pemerintah mesuji untuk kesejahteraan masyarakat, dengan harapan program ini dapat memberikan manfaat kepada para petani yang ada di kabupaten Mesuji.

“Kami sebagai warga mesuji sangat mendukung progam tersebut, mudah- mudahan ini dapat berikan banyak dampak positif dalam perkembangan ekonomi masyarakat, khususnya bagi para petani singkong dan semoga program ini nantinya bisa seperti sistem kemitraan yang dibuat melalui koperasi, seperti yang dilakukan oleh PT Sumber Indah Perkasa (SIP) dalam kemitraan tanaman kelapa sawit dengan para petani,” Harapnya.

Hadir pada acara tersebut, Dirjen PPKT Kemendes PDT Danton Ginting Munthe, Pj Bupati Mesuji Sulpakar yang di Wakili oleh Sekda Mesuji Syamsudin, Kepala Dinas Nakertrans Mesuji Najmul Fikri, Kadis PMD Mesuji Anwar Pamuji, Kepala Bapelitbangda Mesuji Abu Rosid Istomi, Perwakilan PT Umas Jaya Agrotama, Camat Way Serdang, Kepala Desa Sekecamatan Way Serdang, warga dan tamu undangan. (Kotan)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *