Pemkab Mesuji Gelar Forum Konsultasi Publik RPJPD 2025-2045, Ini Harapan Sekda

Mesuji, Pemerintahan162 Dilihat

Mesuji, Eksprestoday – Pemkab Mesuji, Lampung menggelar forum konsultasi publik dengan penyempurnaan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun anggaran 2025-2045 yang berlangsung di aula Tabek Oi komplek perkantoran pemda Mesuji, Desa Wiralga Mulya, Kecamatan Mesuji, Selasa (12/12).

Kegiatan tersebut di buka langsung Sekertaris Daerah Kabupaten Mesuji Syamsudin, S.Sos, didampingi sejumlah Kepala OPD, serta turut dihadiri puluhan perwakilan organisasi Pers dan ormas se-Kabupaten Mesuji.

Dalam sambutannya, Sekda Mesuji Syamsudin menyampaikan, Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD 2025-2045 merupakan forum untuk memperoleh masukan penyempurnaan dengan para pemangku kepentingan yang selanjutnya dirumuskan dalam berita acara untuk ditandatangani oleh setiap unsur dalam mewakili pemangku kepentingan.

“Melalui pelaksanaan konsultasi publik ini diharapkan dapat menghimpun masukan para pemangku kepentingan terhadap visi misi, isu strategis, sasaran pokok dan arah kebijakan dalam dokumen ranwal RPJPD Kabupaten Mesuji 2025-2045,” kata Syamsudin.

Menurutnya, Kabupaten Mesuji dalam penyusunan perencanaan jangka panjang dua puluh tahun kedepan perlu menjawab permasalahan dan isu strategis melalui arah kebijakan yang tepat sasaran.

Adapun isu strategis tersebut antara lain rendahnya daya saing sumberdaya manusia, belum optimalnya pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan, rendahnya aksesibilitas dan dukungan penyediaan layanan infrastruktur dasar dan Infrastruktur publik, belum optimalnya tata kelola dan pelayanan pemerintahan.

“Karena itu isu tersebut menjadi perhatian pemerintah Kabupaten Mesuji dan diharapkan menjadi prioritas dalam menyusun Arah Kebijakan pada tahun 2025-2045,” terang Syamsudin.

Selanjutnya dipaparkannya, melalui konsultasi publik RPJPD ini beberapa hal perlu ditekankan untuk menjadi perhatian kita bersama yaitu :

Pertama, pada tahun 2024 kita akan melaksanakan Pemilihan Umum (Pemilu) sebab itu diharapkan untuk seluruh lapisan masyarakat agar turut serta dalam menyukseskan dan menjaga kondusifitas keamanan demi tertib pelaksanaan Pemilu yang Jujur dan Adil.

Kedua, Penyusunan Rancangan Awal RPJPD harus menjawab isu strategis dan permasalahan pembangunan selama dua puluh tahun kedepan.

Ketiga, dengan keterbatasan anggaran yang ada saya berharap kebijakan pembangunan untuk fokus pada hal yang sangat prioritas.

Dan yang keempat, dengan potensi sumberdaya alam yang belum termanfaatkan secara optimal diharapkan terus melakukan inovasi dan kreatifitas dalam pembangunan.

“Kami berharap tercipta sinergritas yang baik antara pemerintah dan masyarakat. Sebab keterlibatan aktif dan konstruktif dari masyarakat akan membantu memastikan implementasi RPJPD sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat. Kami siap mendengar setiap masukan dan bersama sama membangun Mesuji untuk lebih baik,” jelas orang nomor dua di Mesuji tersebut.

Dia berharap dalam merancang RPJPD Kabupaten Mesuji, penting memastikan bahwa suara setiap elemen masyarakat terdengar.

“Saya mengajak semua lapisan masyarakat, termasuk perwakilan dari berbagai kelompok, untuk turut serta dalam memberikan masukan dan saran. Karena dalam segal hal kita perlu memastikan bahwa rencana pembangunan ini benar-benar mencerminkan kebutuhan dan aspirasi seluruh warga Mesuji,” harapnya. (Kotan)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *