PWI Pusat dan BUMN Gelar UKW Gratis di Lampung

Bandar Lampung51 Dilihat

Bandarlampung: PWI Pusat bersama Kementerian BUMN menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) gratis di Hotel Emersia Bandar Lampung, Rabu (10/1/2024).

Kegiatan UKW ini diikuti sebanyak 36 orang wartawan yang merupakan bukti nyata dukungan BUMN untuk kemajuan pers di Indonesia dan meningkatkan profesionalisme para wartawan.

Dalam gelaran UKW ini, ada dua perusahaan milik negeri yang memberikan dukungan penuh, yaitu PT Telkom Indonesia dan Pupuk Indonesia Holding Company.

VP Komunikasi Korporat Pupuk Sriwidjaja Palembang, Rustam Effendi mengatakan media pers merupakan mitra strategis dari BUMN untuk menyebarluaskan informasi mengenai program-program yang dijalankan BUMN.

Media juga juga selama ini memiliki peranan yang sangat penting bagi pertumbuhan BUMN dalam rangka mendukung program pemerintah.

“Karena medialah masyarakat dapat mengetahui aktivitas BUMN. Media juga telah membantu kami dalam menyosialisasikan kebijakan BUMN kepada masyarakat luas, membangun citra positif dan reputasi BUMN,” kata Rustam Effendi dalam sambutannya mewakili BUMN Pupuk Indonesia Holding Company.

Produk jurnalistik yang diterbitkan media juga menjadi sarana promosi, sehingga BUMN dan produk-produknya semakin dikenal luas oleh masyarakat di berbagai daerah.

“Terima kasih kepada rekan-rekan media yang telah menggiring perkembangan BUMN, sehingga saat ini harapan kami rekan-rekan media dapat terus bersinergi dengan kami dalam menyajikan keseimbangan informasi,” harapnya.

Rustam yakin, jurnalis dalam menjalankan tugasnya sangat berpegang teguh pada Etika Jurnalistik serta balance (seimbang) dalam pemberitaan.

Ia pun berharap dengan kegiatan UKW ini para jurnalis dapat terus meningkatkan kemampuan dan profesionalismenya dalam menyampaikan berbagai pemberitaan kepada masyarakat.

“Nantinya koordinator penguji beserta tim penguji dari Lembaga Uji Kompetensi Wartawan PWI akan memberikan penjelasan dan mendampingi pelaksanaan UKW. Selamat mengikuti UKW kepada seluruh peserta,” kata Rustam.

Sementara Sekjen PWI Pusat, Sayid Iskandarsyah mengatakan ada berbagai bidang kerjasama BUMN dengan PWI. Salah satunya program UKW gratis.

Nantinya akan dilanjutkan dengan kegiatan literasi media dan pembentukan Tim Satgas Antio Hoax, serta launching Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI).

“Kami akan menggelar launching dari Sekolah Jurnalisme Indonesia, harapannya Lampung akan menghasilkan wartawan yang mempunyai dedikasi dan kompetensi yang luar biasa,” kata Sekjen PWI Pusat.

Dengan berbagai program Pendidikan yang dihadirkan PWI, ia berharap dapat memperbaiki citra pers di Indonesia agar lebih baik di masa mendatang.

Kepada para peserta UKW, Sayid juga mengimbau agar mengikuti lomba menulis yang digelar oleh PWI Pusat yang berkolaborasi dengan Perusahaan BUMN.
“Saya mengajak seluruh peserta UKW maupun wartawan yang hadir di sini untuk mengikuti lomba menulis yang merupakan kerjasama dengan Forum Humas BUMN. Diperkirakan bulan Juli kita bisa menghasilkan pemenang. Total hadiahnya lebih kurang sekitar Rp50 juta,” jelasnya.

Nantinya PWI akan menyampaikan tata cara lomba menulis tersebut. Kemudian semua tulisan yang masuk akan diseleksi 10 pemenang untuk meraih hadiah utama dan 15 peserta untuk hadiah hiburan.

“Saya mengucapkan terima kasih atas atas dukungan dari BUMN yang diwakili oleh Telkom Indonesia dan Pupuk Indonesia, juga dukungan dari Pemprov Lampung dan kepengurusan PWI Lampung. Selamat mengikuti ujian semoga apa yang kita upayakan untuk kemajuan Bangsa Indonesia bisa kita capai melalui UKW ini,” tutupnya. (Rls)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *