Dinas PP KB Lampung Utara Gelar Penyuluhan SIGA di 23 Kecamatan

Lampung Utara90 Dilihat

Lampung Utara: Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP KB) Kabupaten Lampung Utara melaksanakan Penyuluhan Kependudukan dan Sistem Informasi Keluarga ( SIGA ) di 23 Kecamatan di Kabupaten setempat.

Kegiatan tersebut dalam upaya pembinaan pengolahan Data. Seperti kegiatan yang digelar di Balai Penyuluhan KB Kecamatan Abung Selatan dan Kecamatan Abung Semuli .

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Dinas PP KB Lampung Utara Fiska Rozaina dan Kasi Data dan Informasi, Mardiansyah mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan capaian pelaporan pengolahan data hasil pelayanan KB, pengendalian lapangan (BKB, BKR, BKL, UPPKA, PIK R, PPKBD/Sub. PPKBD) kedalam aplikasi New SIGA.

“Aplikasi New SIGA itu sendiri merupakan aplikasi sistem informasi keluarga dari BKKBN yang telah mengintegrasikan sistem informasi kependudukan dengan Basis Data Keluarga Indonesia, ” ujar Fiska, Senin (29/5/2023).

Dia menambahkan, kegiatan tersebut dilaksanakan melalui pembiayaan Dana Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) tahun 2023.

Fiska melanjutkan, peran dan fungsi Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa ( PPKBD) dalam penggarapan program Bangga Kencana, salah satunya adalah peran dan fungsi pencatatan serta pelaporan penggarapan program Bangga Kencana di tingkat desa/Kelurahan.

Diharapkan kader PPKBD, dan PKB dapat memahami tentang kependudukan SIGA (sistem indormasi keluarga). Sehingga dapat meningkatkan kualitas pencatatan dan pelaporan.

Kegiatan dihadiri peserta dari unsur PPKBD, Koordinator Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan seluruh PKB/PLKB di Kecamatan. (Alam)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *