Asisten II Tinjau Sejumlah Pabrik Tapioka di Lampura

Lampung Utara367 Dilihat

Lampung Utara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara melalui Plt. Asisten Bidang Ekonomi, Sofyan, bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menyambangi Pabrikapioka PT  Teguh Wibawa Bhakti Persada (TWBP) dan PT Jaya Abadi Tapioka, Rabu, (02/11/2022).

Ini dilakukan untuk mengecek langsung kondisi pabrik, mengingat banyaknya keluhan petani singkong terkait murahnya harga beli singkong oleh perushaan dari petani.

“Ini merupakan pengecakan rutin yang kami lakukan, untuk melihat kondisi perusahaan,” ujar Sofyan.

Dijelaskan, dalam peninjauan tersebut, beberapa opd dilibatkan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.
Misalnya seperti Dinas Perizinan, akan melakukan pengecekan mengenai izin perusahaan tersebut. Dinas Lingkungan Hidup, akan mengecek mengenai limbah yang dihasilkan oleh perusahaan. Dinas Perdagangan, mengecek alat timbang dan melakukan tera ulang.

“Semua perangkat daerah yang terkait dengan perusahaan, kita libatkan dalam pengecekan ini,” katanya.
Keberadaan pabrik tapioka lanjut Softyan, selain memberikan keuntungan pada perusahaan, juga harus berdampak positif bagi masyarakat sekitar termasuk para petani singkong.

Ditambahkannya, pembangunan di kabupaten Lampung Utara harus melibatkan dan dilakukan setidaknya tiga komponen, yakni pemerintah daerah, pihak swasta salah satunya perusahaan, serta masyarakat.

“Karena itu, ketiga komponen ini harus bersma-sama guna pembangunan di kabupaten ini,” terang Sofyan.
Rencananya, tim ini akan melakukan peninjauan ke beberapa perusahaan lainnya yang ada di Kabupaten Lampung Utara. (Alam)

 

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *