ODGJ Datangi MPP Untuk Rekam KTP Elektronik

Lampung Utara61 Dilihat

Lampung Utara: Mall Pelayanan Publik Kabupaten Lampung Utara (Lampura), didatangi Orang Dengan Ganguan Jiwa (ODGJ), Kamis (23/11/2023).

Kedatangan ODGJ sekira pukul 08.00 WIB dengan didampingi seorang pegawai Kelurahan, ternyata untuk melakukan perekaman kartu tanda penduduk (KTP) elektronik.

Kepala Bidang Pelayanan dan Pencatatan Sipil Disdukcapil Lampura Diah Novilia, membenarkan kedatangan ODGJ tersebut guna melakukan perekaman e-KTP.

“Iya hari ini kita kedatangan warga yang mengidap ODGJ melakukan Perekaman KTP-El ke MPP. Yang bersangkutan melakukan perekaman untuk menjalani pengobatan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kurungan Nyawa,” Jelasnya.

Uni Vivi sapaan akrab Diah Novilia ini menjelaskan, ODGJ atas nama Rustam (45) tidak memberontak ataupun menyusahkan petugas.

Yang bersangkutan bahkan terlihat tenang, dan bisa mengikuti arahan petugas perekaman meski harus dibantu petugas dari Kelurahan.

“Nggak pakai surat kok, kalau ada sanak keluarganya yang ODGJ dan membutuhkan kelengkapan Adminduk. Bisa dibawa ke MPP oleh Aparat Desa/Kelurahan, kita di MPP selalu siap melayani masyarakat Lampura,” imbuh Vivi.

Selain itu, jika ada masyarakat yang mengalami stroke ataupun sakit parah dan tidak bisa datang ke MPP. Vivi mempersilahkan membuat surat permohonan langsung. Bisa juga dari Kelurahan/Desa setempat, sehingga petugas Disdukcapil Lampura dapat melakukan jemput bola.

“Bisa bersurat ke kita kalau ada masyarakat yang memang stroke atau sakit keras. Nanti petugas kita akan turun ke lokasi,” paparnya.

Tardi Operator Siks-Ng Kelurahan Kelapa Tujuh mengatakan, beberapa bulan terakhir mendapatkan informasi dari warga ada orang yang suka mengamuk dan meresahkan masyarakat setempat.

Awalnya tidak ada kejanggalan, namun beberapa bulan terakhir Rustam sering mengacak-acak rumah. Karena masyarakat resah, akhirnya Rustam dilaporkan ke pihak Kelurahan, ” ucap Tardi.

Tardi menambahkan, pihak Kelurahan langsung berkoordinasi dengan Dinas Sosial, kemudian disarankan untuk melengkapi persyaratan seperti Adminduk.

Sudah kita buatkan KK dan KTP. Selanjutnya Rustam akan dibawa ke RSJ Kurungan Nyawa,” pungkasnya. (Ridho)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *