Rutan Kotabumi Laksanakan Apel Kesiapsiagaan Menjelang Nataru

Lampung Utara181 Dilihat

Lampung Utara – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kotabumi – Lampung Utara melaksanakan Apel Kesiapsiagaan Menjelang Natal dan Tahun Baru 2023 dilanjutkan Razia Kamar Hunian serta Cek Urine Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Di pimpin langsung oleh Ka. Rutan serta seluruh jajarannya. Kegiatan berlangsung di Lapanganan Rutan setempat. (23/12/ 2022)

Kepala Rutan Kelas IIB Kotabumi, Mukhlisin Fardi mengatakan, kegiatan pada hari ini menindaklanjuti dari Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor : PAS-1883.PK.08.05 Tahun 2022 tentang Peningkatan Kewaspadaan Menghadapi Perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Rutan Kotabumi melaksanakan apel serentak kesiapsiagaan jelang Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023 yang dilaksanakan oleh seluruh Jajaran Pemasyarakatan di seluruh Indonesia.

“Bahwa selaku Petugas Pemasyarakatan wajib melaksanakan asas “Waspada Jangan-Jangan” dalam pelaksanaan tugas sehari-hari,”jelasnya

Selain itu, lakukan pendekatan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) secara humanis sebagai bentuk deteksi dini keamanan dan ketertiban,”ucapnya.

Lanjut Mukhlisin sapaan akrabnya, untuk deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban di Rutan kita juga melakukan razia kamar hunian serta laksanakan cek urine yang di ambil secara acak untuk WBP. Tak lupa pula saya ingatkan dan saya sampaikan kepada seluruh jajaran, kita (Petugas red) harus dan wajib bersih dari Narkoba, sayangi diri kita, sayangi keluarga kita serta sayangi kantor kita tanpa ada Narkoba,”tegasnya.

Ditempat yang sama, Ade Candra Irawan selaku Kepala Pengamanan Rutan (KPR) menyampaikan, kegiatan razia kamar hunian WBP ini dipimpin langsung oleh Ka Rutan. dan dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok dengan koordinatornya Pejabat Administrasi Rutan Kotabumi.

“Kegiatan razia ini pertama kita lakukan pertama di blok Wanita, Anak, blok A, blok B dan Blok C secara serentak dan tentunya dilaksanakan secara humanis, “jelasnya.

Sambungnya, hasil dari kegiatan razia kamar hunian WBP tidak ditemukan barang-barang terlarang, seperti Narkoba dan Sajam. hanya ditemukan barang seperti sendok besi, kawat, paku, serta kaleng, kartu remi serta dilanjutkan melakukan cek urine kepada WBP yang dipilih langsung oleh Ka.Rutan secara acak.

“Dari seluruh kegiatan yang dilakukan Alhamdulillah berjalan dengan aman,” cetusnya.

Disisi lain, Didik Caroko selaku Petugas Kesehatan Rutan menyampaikan, kita melakukan cek urine ke beberapa Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

“Alhamdulilah dari hasil keseluruh Warga Binaan yang dites Urine, hasil Negatif, “tutupnya. (Alam)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *