Wabup Lampura, Ardian Saputra Serahkan 121 Sertifikat PTSL, di 2 Desa Kecamatan Abung Barat

Lampung Utara119 Dilihat

Lampung Utara – Pemerintah Lampung Utara, Wakil Bupati Ardian Saputra, bersama pihak BPN Kabupaten setempat kembali menyerahkan buku Sertifikat Hak Milik (SHM) masyarakat di 2 Desa yang ada di Kecamatan Abung Barat, Selasa, (07/02/2023).

Desa Way Wakak dan Desa Ogan Lima yang menjadi lokasi penyerahan sertifikat tanah yang telah rampung proses penerbitannya. Melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) khususnya yang ada di Kabupaten Lampura, 2 Desa tersebut mendapatkan kuota 121 buku sertifikat. Desa Way Wakak menerima 56 buku, sedangkan Desa Ogan Lima mendapat 65 buku sertifikat.

Wabup Lampura, Ardian Saputra dalam sambutannya berpesan kepada seluruh warga yang telah mendapatkan SHM agar dijaga sebaik mungkin, kalaupun SHM tersebut akan digunakan untuk keperluan lainnya, dan dimanfaatkan sebaik mungkin.

“Bapak, Ibu, yang hari ini sudah menerima buku sertifikatnya, tolong dijaga dengan baik. Kalaupun nantinya akan dipergunakan untuk jaminan pinjaman Bank, tolong dimanfaatkan secara tepat guna, Gunakanlah uangnya untuk membuka usaha, atau bercocok tanam,” ucap Ardian.

Ardian menambahkan, Program PTSL yang digaungkan oleh Pemerintah Pusat ini merupakan langkah untuk membantu masyarakat agar mendapatkan kepastian hukum yang jelas terhadap hak atas tanah. Hal itu dilakukan guna menghindari terjadinya perseteruan ataupun sengketa terhadap lahan (tanah) di seluruh penjuru negeri.

Salah satu warga Desa Way Wakak, Romlah (52) mengungkapkan dirinya sangat senang akhirnya kepemilikan atas tanahnya saat ini sudah SAH dan diakui oleh Pemerintah dan telah tercatat di BPN. Dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu mendapatkan buku sertifikat, sehingga dirinya tidak was-was jikalau ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab akan menyerobot tanah miliknya.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada Bapak Wakil Bupati Lampura Ardian Saputra, dan orang pertanahan yang sudah membantu. Sekarang kami sekeluarga sudah enggak was-was lagi. Tadinya kami takut kalau ada orang yang mau nyerobot tanah miliknya” tuturnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wabup Lampura Ardian Saputra, Asisten I, Mankodri, Kepala DPMD Lampura, Abdurahman, Kadis Perumahan dan Kawasan Permukiman, Erwin Syahputra, Sekretaris Kominfo, Luzirwan Camat Abung Barat, Gunaido Uthama, dan unsur elemen masyarakat setempat. (ADV)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *