Kantor Imigrasi Kelas II Kotabumi Klarifikasi Soal 4 WNA Asal Filipina. Mereka Gunakan Visa Bebas Kunjungan

Lampung Utara172 Dilihat

Lampung Utara: Mendapat informasi adanya Warga Negara Asing (WNA) berkeliaran di Kabupaten Lampung Utara, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotabumi, segera melakukan klarifikasi, terhadap 4 WNA asal Filipina.

Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan, Irmansyah Fatriadi, mewakili Kepala Imigrasi Imam Setiawan, menjelaskan bahwa, 4 WNA dimaksud berada di Universitas Muhamadiyah Kotabumi (UMKO.) Setelah diklarifikasi mereka dalam rangka memperkenalkan masing masing budaya.

“Pada intinya tidak ada permasalahan ke imigrasiannya. Mereka menggunakan visa ‘bebas kunjungan’ yang peruntukkannya memperkenalkan budaya dan wisata. Jadi sama sama memperkenalkan budaya, ” ujar Irmansyah Fatriadi, Selasa (30/5/2023).

Masih katanya, setelah dilakukan pengecekan, visanya sesuai dengan peruntukan yaitu hanya 29 hari dan tidak ada pelanggaran.

“Kita berharap, elemen masyarakat dapat aktif peran serta dalam informasi terkait kedatangan WNA. Karena ini tugas kita bersama.” ucap dia.

Sementara terpisah, Dr.Sumarno.M.Pd, Rektor Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO), mengatakan benar bila pihaknya telah melakukan klarifikasi di kantor imigrasi terkait hal tersebut.

“Kemarin ada permintaan klarifikasi di Imigrasi, dan sudah kita lakukan.” Ucap dia.

Dikatakannya, kedatangan WNA menggunakan paspor bebas Visa. Dimana UMKO terdapat program resmi dari Ceameo yang difasilitasi kementrian pendidikan melakukan pertukaran mahasiswa.

“Mereka mengirim kesini dan kita mengirim mahasiswa ke Filipina. Karena mereka dari keguruan, jadi mereka kesekolah sekolah di SMA. Kalau dengan bahasa singkat mereka wisata edukasi, mengenalkan budaya Lampung, kegiatan kegiatan kita disini.” Katanya.

Diketahui, WNA asal Filipina adalah Gleann Marie Alulod yang ditemoatkan di SMAN 3 Kotabumi, Anna Mae P. Carlos dan Ivy B. Tabligan di SMAN 1 Liwa, serta James Estores Villasis di SMK Muhammadiyah Abung Semuli. Ke Empat (4) orang mahasiswa merupakan warga negara asing dari Filipina.

Mereka dikirim pihak Capiz State University atau (CAPSU) untuk mengikuti kegiatan yang dijadwalkan akan dilaksanakan kurang-lebih selama satu bulan dan ditempatkan di lokasi magang berbeda tiap orangnya.

Kedatangan mereka disambut Rektor Universitas Muhammadiyah Kotabumi, dr Sumarno, M. Pd. (RDO/Alam)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *