Pengerjaan Talud TMMD ke-117 Kodim 0412 Lampung Utara Terus Berlangsung

Lampung Utara79 Dilihat

Lampung Utara:  Memasuki hari ke-18 pengerjaan sasaran fisik program TMMD Reguler ke-117 Kodim 0412/Lampung Utara sudah mulai tampak, beberapa titik sudah menunjukkan progres yang cukup pesat di Lokasi TMMD yang menghubungkan dua Desa diantaranya Desa Bojong barat dan Desa Kotabumi Tengah Barat, Minggu (30/7/2023).

Menurut Dansatgas, pengerjaan sasaran fisik dikerjakan secara bersamaan, namun ada beberapa titik pembangunan harus lebih dahulu diselesaikan untuk mempermudah pengerjaan lainnya, seperti pembuatan Jalan dan jembatan harus segera selesai agar material batu, pasir, semen dan bahan bangunan lain dapat didistribusikan.

Beliau juga menambahkan, agar badan jalan dapat diperkeras, talud atau penahan bahu jalan juga harus segera diselesaikan, pembuatan talud sepanjang ± 150 meter dengan ketinggian berpariasi pada saat ini sudah pada tahap finishing dan akan segera selesai dalam satu atau dua hari ini.

“Alhamdulillah, berkat semangat dan kerjasama antara satgas dan masyarakat semua pengerjaan sasaran fisik hampir selesai dan didukung juga oleh cuaca, karena selama dalam proses pengerjaan tidak turun hujan, jadi tidak ada hambatan dalam pekerjaan, “tambahnya.

Namun Dansatgas juga berharap kepada anggota Satgas TMMD dan masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dengan istirahat yang cukup, sebab masih ada pengerjaan lainnya yang juga harus diselesaikan seperti pembangunan MCK dan Kami optimis semua program sasaran fisik maupun non fisik dapat segera rampung sebelum penutupan TMMD nanti, Tegas Dansatgas.
Ia juga menambahkan bahwa karya bakti tersebut merupakan sarana untuk meningkatkan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan masyarakat dan pemberdayaan wilayah binaan. Hal itu dilakukan, agar kondisi wilayah pada aspek ketahanan darat semakin tangguh.

Dan SSK berpendapat bahwa fungsi utama dari pembuatan talud adalah menahan tanah yang berada di belakangnya dari bahaya longsor akibat berat air yang berbarengan dengan tanah.

“Sedangkan tujuan pembuatan talud tersebut bertujuan agar tanah tidak longsor dan air yang mengalir tidak ada hambatan, sehingga jalan sebagai transportasi dapat berdaya guna lebih lama.” Ungkap Dan SSK

“TMMD adalah bagian dari bentuk kepedulian TNI terhadap wilayah dan Masyarakat, tentu kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai media untuk komunikasi dan silaturahmi kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Sumarno salah satu Warga Desa Bojong Barat menyampaikan terima kasih atas kehadiran TNI pada kegiatan TMMD ini, karena sangat membantu serta memberikan manfaat bagi masyarakat, dan pesan moral agar tetap menjaga kerukunan dan kerja sama secara bergotong royong,” imbuhnya.(Rls/*)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *