PT Pupuk Indonesia (Persero) Holding Company, Rustam Effendi: Wartawan Kompeten Jadi Mitra Strategis bagi BUMN Lampung

Bandar Lampung54 Dilihat

Bandarlampung: Wartawan yang kompeten dari media pers merupakan mitra strategis untuk menyebarluaskan informasi mengenai program–program yang dijalankan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Media juga memiliki peranan yang sangat penting bagi pertumbuhan BUMN guna mendorong program pemerintah.

Demikian disampaikan oleh Rustam Effendi, VP Komunikasi Korporat Pupuk Sriwidjaja yang mewakili PT Pupuk Indonesia (Persero) Holding Company, pada pembukaan uji kompetensi wartawan (UKW) PWI kerja sama Kementerian BUMN yang digelar di Emersia Hotel dan Resort Bandar Lampung, Rabu (10/1).

UKW PWI Pusat-BUMN yang digelar di PWI Lampung dibantu oleh PT Telkom Indonesia (Persero) dan PT Pupuk Indonesia (Persero) Holding Company (PIHC), dan dihadiri dan dibuka oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi serta Ketua Umum PWI Pusat yang diwakili oleh Sekjen PWI Pusat, Sayid Iskandarsyah.

“Alhamdulillahirabbil’alamin, kita dapat mengikuti acara uji kompetensi wartawan (UKW) PWI bersama BUMN yang digelar di PWI Bandar Lampung,” ujar Rustam.

Rustam menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, dalam rangka meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan serta membangun hubungan dan mutual understanding dengan para stakeholder.

Tentunya bagi BUMN, ujar Rustam media merupakan mitra strategis untuk menyebarluaskan informasi menngenai program – program yang dijalankan BUMN. Media juga memiliki peranan yang sangat penting bagi pertumbuhan bumn dalam rangka mendukung program pemerintah.

Menurut Rustam, melalui wartawan yang kompeten di media pers, akan memberikan edukasi ke masyarakat agar dapat mengetahui aktivitas dan program BUMN. Media juga telah membantu BUMN dalam menyosialisasikan kebijakan BUMN kepada masyarakat luas, selain itu melalui akan membangun citra positif dan reputasi BUMN dan sebagai sarana promosi, sehingga dengan demikian BUMN dan produk-produknya dapat semakin dikenal masyarakat.
Rustam juga mengemukakan dan menyampaikan terima kasih kepada rekan – rekan media yang telah berperan dalam perkembangan BUMN hingga saat ini.

“Harapan kami, rekan-rekan media dapat terus bersinergi dengan kami dalam menyajikan keseimbangan informasi. Karena saya yakin dalam menjalankan tugasnya, jurnalis sangat berpegang teguh pada etika jurnalistik, check and re-check, serta balance dalam memberitakan hasil liputannya,” ujar Rustam.

Ketua Umum PWI Pusat yang diwakili oleh Sekjen PWI Pusat Sayid Iskandarsyah dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengapresiasi langkah yang dilakukan BUMN.

Mewakili Ketua Umum PWI Pusat, Sekretaris Jenderal Sayid Iskandarsyah, menjelaskan, bahwa UKW amanat dari Kementerian BUMN dan ini wujud gagasan Ketua Umum Hendry CH Bangun untuk menggelar UKW secara gratis di seluruh provinsi di Indonesia. Bahkan bukan saja UKW, PWI pusat juga gencar melakukan literasi media, satgas anti-hoax dan menggelar Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI).

Menurut Sayid, peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dengan Kementerian Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) berkesempatan mengikuti lomba kompetisi jurnalistik dengan memperebutkan total hadiah Rp50 juta.
Kompetisi jurnalistik khusus bagi peserta yang mengikuti UKW PWI-BUMN yang kick-off-nya, pada Kamis-Jumat (28-29/12), serentak di tiga daerah sekaligus, yaitu di Manado, PWI Sulawesi Utara (Sulut), di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan di Banda Aceh, PWI Provinsi Aceh dan dilanjutkan ke seluruh PWI se-Indonesia termasuk satu daerah khusus PWI Surakarta.

Secara teknis mengenai kompetisi jurnalistik bagi peserta UKW PWI-BUMN ini, ujar Direktur LUKW PWI Pusat, Firdaus Komar, wajib memenuhi kriteria sebagai berikut, tema tulisan lomba ‘peran BUMN terhadap kemajuan pers melalui UKW’. Karya jurnalistik yang diikutkan dalam lomba berupa feature dengan minimal 1.500 karakter. Selanjutnya karya yang dilombakan dikirimkan ke link yang telah disediakan oleh admin PWI Pusat dengan waktu maksimal tiga hari setelah pelaksanaan UKW yang digelar di masing-masing daerah.

Mengenai tema yang ditentukan, variabel pertama terkait peran BUMN saat ini. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki peran yang penting dalam membangun dan mengembangkan perekonomian Indonesia. Sebagai bagian integral dari sektor publik, BUMN memiliki tanggung jawab besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan menyediakan layanan publik yang vital. Badan usaha adalah mitra pemerintah dalam meningkatkan perekonomian nasional. Misalnya dalam peningkatan ekspor. Selain itu, fungsi badan usaha adalah sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam pemerataan pendapatan masyarakat.

Berkaitan dengan peran BUMN terhadap kemajuan pers, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mempercayai bahwa wartawan adalah bagian utama industri pers yang akan bekerja secara profesional. Atas profesionalitasnya itu maka pemerintah dan industri lain, termasuk BUMN, sangat memperhatikan industri pers.
Salah satu bentuk perhatian itu antara lain diberikan oleh Kementerian BUMN dan jajaran BUMN dalam bentuk dukungan penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Dukungan tersebut juga diberikan dengan harapan industri pers tetap mampu bersinergi berkontribusi untuk kemajuan BUMN.

Selanjutnya, ujar Firko, panggilan akrabnya, pengumuman pemenang yang terdiri dari 10 orang pemenang dan 15 orang juara harapan, diperkirakan pada Juli 2024. “Mudah-mudahan berdasarkan estimasi waktu yang akan tersedia terkait dengan program UKW-BUMN ini, sekitar Juli 2024 akan rampung,” jelas Firko. (Rls)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *